H.Muhidin dan H.Farid Hasan Aman. Pilkada tahun ini mungkin sedikit berbeda dari beberapa tahun belakangan yang lalu, di mana biasanya calon gubernur kalimantan selatan di calon kan melalui jalur partai, tapi tahun ini justru muncul sosok pa haji muhidin mantan wali kota banjarmasin melalui jalur independen.

Tentu saja hal ini memberikan warna yang berbeda menurut saya, untuk pertama kalinya calon gubernur kalimantan selatan melalui jalur independen, membuat geger masyarakat kalimantan selatan juga seh, apalagi pa haji muhidin di duet kan dengan kader politik muda haji farid hasan aman anak mantan gubernur kalsel H.Hasan Aman.

H.Muhidin Dan H.Farid Terkenal "murah senyum".


Mencalonkan diri melalui jalur independen pasangan ingin katanya mendapatkan dukungan rakyat dengan mengantungi kurang lebih 600.000 dukungan rakyat, yang dengan serta merta menyerahkan KTP atau photo copy nya.



Kalau memang begitu adanya saya menganggap ini sepertinya akan menjadi kekuatan tersendiri buat kedua pasangan ini, kenapa! saya bilang begitu ? ada satu delima di kalangan masyarakat kita, yang mana mulai lunturnya tingkat kepercaya'an publik pada elit politik dan calon-calon yang di sudurkan partai politik. Hal ini tidak lepas dari kesan, di mana seringnya partai mengintervensi kebijakan pemerintah yang di dukung nya, ini juga yang kadang membuat kebijakan pemerintah terkesan hanya untuk kepentingan politik partai pendukungnya saja.
H.Muhidin-H.Farid "Murah Senyum" Independen Asli Dukungan Rakyat.

 Harapan Rakyat Pada H.Muhidin & H.Farid.

Tentu saja harapan kepada pasangan ini sangatlah banyak, dan mungkin terlalu banyak kalau misalkan saya tulis, namun saya yang juga masyarakat kalsel hanya mengutip slogan yang mereka jadikan jargon saja. [Muhidin Farid "Murah Senyum" Independen Asli Dukungan Rakyat]

Murah Senyum.

Menurut saya, jargon yang beliau bawa sudah pasti mengisyaratan visi dan misi yang beliau emban, yaitu menciptakan agar masyarakat kalsel bisa tersenyum di era kepemimpinan beliau-beliau [ Jika menang pemilihan ].
"Muhidin Farid Murah Senyum Independen Asli Dukungan Rakyat"

Membuat masyarakat tersenyum puas pastinya! bukanlah hal yang mudah, kalau ternyum menyindir mungkin akan banyak, tapi tersenyum dalam kata arti bahagia saat di pimpin itu akan sangat sulit, apalagi masyarakat umum itu tidak satu dua orang saja, mungkin saat satu pihak merasa puas dengan kepemimpinan beliau maka di lain pihak juga ada yang kurang puas.

Memang! kontra versi di setiap era kepemimpinan selalu saja terjadi, tapi di sanalah tantangan dan kesulitan nya, bagai mana agar semua pihak bisa mendapatkan manfaat dari si pemimpin, harapan besar dari masyarakat yang mempunyai slogan "Murah Senyum" adalah agar bagai mana cara nya masyarakat bisa tersenyum.

Terlebih saat ini masyarakat membutuhkan lapangan kerja yang memadai, di era persaingan masyarakat memang tidak boleh manja, dan berharap sepenuhnya pada pemerintah, akan tetapi dukungan dari pemerintah sangatlah penting, lewat kebijakan-kebijakan strategis nya di harapkan masyarakat bisa lebih mudah menciptakan kemandirian ekonomi.

Terlepas dari jargon "Murah Senyum" semoga itu bukan hanya slogan banner yang terpampang di jalan-jalan raya, tapi lebih kepada visi dan misi yang di laksanakan, karena saya dan masyarakat umu kemungkinan sangat mendukung hal ini.

Independen.

Kita tahulah! jalur independen adalah jalur yang cukup berani, jalur yang boleh saya bilang jalur melawan arus air perpolitikan, jarang-jarang orang mampu menentang rezim perpolitikan, karena haqiqatnya jalur independen adalah jalur di mana seolah-olah kita menentang kekuatan partai, sementara sampai saat ini kekuatan partai masih bercokol sangat kuat.

Kalau misalkan pa haji muhidin mampu membuktikan bahwa orang-orang yang melangkah di luar jalur kepartaian mampu memimpin sebuah masyarakat, maka mungkin tidak mungkin kepercaya'an publik terhadap partai semakin anjlok dan meningkatnya kembali girah kepercayaan terhadap pemimpin mereka.

Karena itu harapan terbesar pada calon independen adalah pembuktian yang kuat, membuktikan pemimpin yang tidak di kongkong kekuatan politik partai bisa lebih adil dan bebas korupsi tentunya! hehe.

Saya sudah lama berharap lahirnya pemimpin yang terbebas dari kekuatan politik partai, apalagi katanya pa haji muhidin sudah mendapatkan restu dari ulama kharismatik banjar hulu sungai, apalgi banyak mitos menyebutkan orang berdarah hulu sungai banyak yang menjadi pemimpin karena keberanian nya mengambil keputusan, kerajaan banjar juga bercikal bakal dari kerajaan daha, H.Hasan basry pemimpin pasukan geriliya juga berasal dari banjar hulu sungai, memang banyak tokoh dari hulu sungai yang terlahir sebagai pahlawan rakyat banjar, karena itu besar harapan saya pa haji mihidin dan haji farid yang berdarah hulu sungai mampu mengikuti jejak pahlawan kalimantan yang mengabdi tulus buat rakyat banjar.

Sumber Catatan : Muhidin Farid "Murah Senyum" Independen Asli Dukungan Rakyat.